5 Jenis Sertifikat SSL yang Dibutuhkan Situs Web Anda

Pada 2019-20, kerugian finansial bagi industri karena kejahatan dunia maya dapat mencapai angka $3 triliun. Jumlahnya tiga kali lipat lebih tinggi dari tahun 2015. Angka-angka ini mengkhawatirkan. Teknisi dan pakar keamanan web telah vokal dalam merekomendasikan langkah-langkah untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan dunia maya untuk meredam ancaman dunia maya.

Google adalah yang pertama yang mulai menerapkan firewall keamanan untuk melindungi properti web dari serangan. Dari memigrasikan situs web HTTP ke HTTPS dan mendorong penggunaan sertifikat SSL adalah dua langkah signifikan yang direkomendasikan Google antara lain.

Sebelum menyelam jauh ke dalam bagaimana SSL mencegah ancaman, berikut adalah sedikit pengantar tentang apa itu sertifikat SSL.

Apa Itu Sertifikat SSL?

SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer. Ini adalah teknologi enkripsi yang diperkenalkan oleh Netscape pada 1990-an. SSL membuat koneksi terenkripsi antara server web Anda dan browser web pengunjung Anda. Koneksi memastikan transmisi informasi pribadi dan rahasia dengan lancar tanpa hambatan seperti gangguan data, pemalsuan pesan, dan pencurian data.

Bagaimana Cara Kerja Sertifikat SSL?

Sertifikat SSL bekerja menggunakan dua kunci: Satu- Kunci Pribadi dan Dua- kunci publik. Kunci publik dimaksudkan untuk mengenkripsi koneksi, sedangkan kunci pribadi mendekripsi atau membukanya. Kunci pribadi dan publik ini memberikan lapisan privasi ekstra antara data Anda dan seluruh dunia. Mereka membuat pesan Anda aman dari peretasan atau ancaman lainnya. Sertifikat SSL tidak diragukan lagi adalah cara terbaik untuk menjaga keamanan data dan bukti peretasan.

Jenis Sertifikat SSL:

Perusahaan hosting web menyediakan berbagai jenis sertifikat SSL. Semuanya menggunakan metode enkripsi standar yang sama. Mereka sama-sama efektif dan aman. Setiap opsi memiliki persyaratan dan atribut sendiri. Berikut adalah lima opsi SSL utama yang dapat Anda pilih.

SSL Domain Tunggal:

Seperti namanya, sertifikat SSL ini melindungi satu domain. Tidak ada variasi lain dari domain yang dicakup. Sertifikat adalah taruhan sempurna untuk situs web berbasis konten sederhana. Jika Anda memiliki situs B2B biasa, atau situs web e-niaga tempat semua transaksi terjadi pada satu domain, SSL domain tunggal akan menawarkan keamanan lengkap kepada Anda.

SSL Multi Domain (SAN):

Sertifikat SSL multi-domain, juga disebut sebagai “SAN” (untuk Nama Alternatif Subjek) mencakup domain yang serupa. Satu sertifikat SSL multi-domain mencakup seluruh rangkaian situs. Jadi mereka memberikan fleksibilitas untuk menutupi situs yang mungkin hilang atau belum ada. Pendaftar domain dan sertifikat otoritasnya membatasi jumlah situs yang termasuk dalam SSL ini.

SSL kartu pengganti:

Sertifikat SSL Wildcard menawarkan cakupan komprehensif terhadap ancaman keamanan dan privasi untuk semua subdomain Anda pada satu domain root atau nama host. Skenario ini akan sangat berguna untuk situs web dengan persyaratan transaksional yang berat.

Sertifikat SSL Organisasi:

Sertifikat SSL organisasi cenderung mengotentikasi identitas dan informasi perusahaan seperti alamat utama perusahaan. Sertifikat ini mirip dengan SSL domain tunggal dan cenderung menawarkan keamanan untuk komponen e-niaga/pembayaran situs web.

Sertifikat SSL yang Diperpanjang:

Sertifikat SSL yang diperluas adalah yang paling aman di antara semuanya. Mereka memverifikasi domain dan memeriksa ulang perusahaan legal. Situs web yang menggunakan sertifikat SSL ini mendapatkan bilah alamat berwarna hijau di sebagian besar peramban modern. Koneksi aman di sini yang digunakan di situs Anda berbeda dari koneksi SSL bereputasi lainnya.

Membeli sertifikat SSL tidak rumit sama sekali. Anda dapat membeli dan menyiapkannya dari pendaftar domain atau penyedia hosting yang Anda gunakan.

Dalam hal ini Anda akan menginginkan alternatif hemat biaya seperti pembuat situs web Jasa bikin website yang melayani pembuatan website dengan profesional.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.